15 Trik Membujuk Bayi Susah Makan, Dad And Mom Wajib Tahu

Written by Rumano on January 17, 2021 in Mendidik anak dengan bijak with no comments.

“Biasanya kalau berada di dekat ibunya, bayi tahunya cuma nenen. Tapi di benak dia (red-bayi) ini kok malah disuruh makan dan mendapatkan suatu makanan padat. Anda bisa menggunakan peralatan makan yang menarik, aman dan tidak mudah pecah. Dengan demikian, jadwal makan akan lebih teratur, dan lama-lama masalah susah makan akan teratasi. Selain itu, bisa juga dengan memvariasikan rasa makanan lain agar bisa melengkapi nutrisi yang dibutuhkan anak. • Ibu harus rileks ketika menemani anak makan, sebaiknya tidak dalam kondisi repot.

Meskipun balita Ibu sudah makan tiga kali sehari dengan menu diet sehat berimbang, susu dan produk olahannya tetap menjadi salah satu sumber kalsium terbaik baginya. Selain itu ternyata susu memiliki banyak manfaat untuk Si Kecil lho Bu. Susu mengandung kalsium, Kalium, vitamin D, dan protein yang baik untuk tumbuh kembangnya. Keduanya berguna sebagai salah satu pendukung utama tumbuh kembang anak. Sekitar 20% dari tubuh manusia terbentuk dari protein dan asupan yang disarankan untuk anak usia 4-8 tahun adalah sebesar zero,ninety five gram per kilogram berat badan anak. Masa kehamilan adalah masa yang paling dinanti oleh setiap pasangan yang menikah karena akan adanya kehadiran keluarga baru di tengah-tengah keharmonisan rumah tangga.

Tips agar anak mau makan dengan lahap

Ada banyak sekali Ibu yang mengeluhkan anaknya susah makan, terutama saat anaknya berusia 1-3 tahun. Di usia ini sebenarnya merupakan hal yang wajar bila anak menjadi seorang choosy eater atau suka pilih-pilih makanan. Dalam satu waktu, misalnya, hanya makanan tertentu saja yang disukainya dan ia akan menolak beragam makanan lain yang ditawarkan. Namun di waktu lain, ia akan menyukai makanan lainnya dan makanan yang biasa ia sukai sudah tidak tersentuh lagi. Ketika bayi bunda susah makan, hal pertama yang bunda harus lakukan adalah berusaha untuk tetap tenang dan tidak panik.

Terlalu banyak pilihan menu makanan yang ada tak selamanya baik. Anak menjadi kebingungan memilih makanan hingga menolak untuk makan. Makan jajanan atau ngemil sebelum makan juga dapat menurunkan nafsu makan dan penyebab anak susah makan. Oleh sebab itu, pastikan jangan memberikan makanan ringan sebelum makan utama. Sebagai orangtua anda harus bisa memperkirakan asupan kalori anak agar tidak kurang sesuai kebutuhannya.

Melibatkan anak menentukan menu makanan yang hendak dimakannya dapat membuatnya lebih tertarik untuk makan. Dengan makan bersama anak, orangtua memberi contoh yang akan ditiru oleh anaknya. Biarkan anak makan dengan santai dan pindah tempat makan jika anak bosan makan di tempat yang sama setiap harinya. Ini akan membantu mood-nya membaik saat hendak makan meski sedang sariawan. Memaksa anak untuk makan dapat membuatnya menjadi tidak nyaman atau bahkan menimbulkan trauma. Tunggu sampai ia mau membuka mulutnya sendiri dan biarkan ia mengunyah makanannya dengan perlahan.

Comments are closed.