Kasih Pcr Swab Test Reguler Ke Rumah

Written by Rumano on July 10, 2020 in Efektivitas Vaksin Covid with no comments.

Tes swab ini, sebut Nuzelly, sebenarnya lebih diperuntukkan bagi warga yang memiliki urusan penting karena tugas perusahaan, atau ada keluarga yang meninggal, kami memfasilitasi dengan biaya standar. Nuzelly menyarankan, agar warga Riau, lebih baik jangan bepergian dulu, tidak mungkin pula membiayai yang umum kalau keperluannya pribadi. Nanti akan membludak dan seenaknya bepergian dengan meminta dan memanfaatkan hasil swab.

Sedangkan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah akan mematangkan harga tes PCR tersebut. Hal tersebut sempat dibahas dalam rapat terbatas penanganan Covid-19 yang dipimpin Presiden Joko Widodo , Senin (28/9). Dalam rapat tersebut, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan mengusulkan biaya tes yang lebih murah. Abdul Kadir menyebut pengawasan penetapan harga tes PCR di lapangan akan dilakukan oleh dinas kesehatan provinsi dan kabupaten-kota, serta juga dilakukan oleh BPKP. Selain itu tarif batas atas tes PCR juga telah memerhitungkan harga reagen, harga pembelian dan perawatan alat tes, penggunaan bahan sekali pakai seperti alat pelindung diri degree three, dan juga biaya-biaya administrasi.

Harga swab PCR termurah

Tes swab ini dibuka, karena pemerintah mewajibkan setiap orang yang masuk ke suatu wilayah harus menunjukkan hasil swab, dari daerah asal. Namun, jika dibandingkan harga melakukan tes swab di seluruh Indonesia. Biaya yang dipatok di RSUD AA, ternyata di Provinsi Riau harga yang paling murah. Biaya tes pemeriksaan virus Corona di rumah sakit rujukan RSUP Persahabatan dipatok mulai Rp700 Ribu. Terkait hasil pemeriksaan baik untuk paket ISPA 1,2 maupun 3 akan selesai dalam three hari kerja. Namun untuk mendapatkan layanan pemeriksaan, calon peserta harus mendaftarkan diri lewat aplikasi whatsapp.

Namun dia menyebut rekomendasi ini masih akan dievaluasi oleh Kementerian Kesehatan . Tetapi juga tidak merugikan para pengusaha yang bergerak di bidang jasa pemeriksaan laboratorium,” ujarnya. Dia menuturkan, harga yang ditetapkan Kemenkes juga sudah cukup fleksibel. Dengan harga segitu, diharap masyarakat sudah mau berinisiatif untuk melakukan tes sendiri apabila yang disediakan oleh Pemkot Bekasi antre.

Terakhir ada paket yang meliputi rapid check, pemeriksaan oleh dokter umum, rekam jantung, foto paru-paru, tes buta warna, darah lengkap, kreatinin, SGPT, HBsAG, urine lengkap dibanderol Rp 920 ribu. Keputusan pemerintah menetapkan harga maksimal tes PCR sebesar Rp 900 ribu, kata Abdul Kadir, demi kepentingan masyarakat dan juga kepentingan fasilitas layanan kesehatan. Dia mengimbau kepada fasilitas kesehatan untuk secara sadar dan turut merasakan kondisi krisis agar tidak menerapkan harga tes PCR lebih tinggi dari yang ditetapkan.

Agar tubuh tahan terhadap penyakit, rajinlah cuci tangan menggunakan sabun setiap kali selesai beraktivitas. Bersihkan secara merata mulai dari telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari hingga sela-sela kuku. Sementara itu, efek samping konsumsi klorokuin untuk COVID-19 belum diketahui secara pasti. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai keamanan obat ini untuk pasien penderita COVID-19. Harapan untuk selanjutnya adalah, chloroquine dapat dijadikan sebagai opsi yang murah dan mudah didapat untuk menekan kasus kejadian COVID-19. Beberapa negara pun telah memasukkan klorokuin dalam protokol penanganan penyakit ini, mulai dari Tiongkok, Inggris, Korea Selatan, hingga Qatar.

Rapid check akan menguji menggunakan sampel darah yang digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yaitu antibodi yang terbentuk apabila tubuh mengalami infeksi. Bila hasilnya negatif Anda bisa bernapas lega, tapi jika dinyatakan positif maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dengan swab test menggunakan PCR. Sementara, bagi mereka yang melakukan perjalanan melalui jalur darat dan laut diharuskan menunjukan hasil negatif speedy test antigen. Pria ini sebenarnya sudah ditawarin swab test free of charge oleh dinas kesehatan karena masuk kategori kontak erat dari tetangganya yang positif. Namun mereka memilih swab check mandiri agar bisa mendapatkan hasil lebih cepat. “Alhamdulilah kami sekeluarga negatif, kalau meninggu yang dari pemerintah lama hasilnya, sedangkan kami butuh cepat biar nggak panik,” pungkasnya .

Karena itu, Uni Eropa dan Amerika Serikat memberikan lisensi darurat bagi teknologi PCR point-of-care . Teknologi ini memiliki akurasi seperti RT-PCR, hasil bisa keluar dalam waktu 7 menit dan dapat diterapkan di laboratorium dengan standar kurang dari Biosafety stage 2 . Penetapan harga swab test dilakukan melalui kerja sama Kemenkes dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan . Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto, SE, MBA, berharap aturan harga swas test bisa memberikan kepastian untuk masyarakat. Khusus untuk swab antigen, Siloam membanderol tarif mulai Rp 249 ribu, seperak lebih murah dibanding batas atas pemerintah.

Nantinya hasil bisa didapat secara online dan diakses melalui surel, WhatsApp, dan SMS. Lokasi test swab Jakarta yang pertama adalah Helix Lab Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Laboratorium yang berlokasi di kota Depok, Jawa Barat ini mengaku menangani 1.500 sampel tes corona atau Covid-19 setiap harinya. RS Pondok Indah, harga swab check Rp 2,3 juta untuk hasil tes di hari yang sama. Prof Kadir menjelaskan, telah terjadi disparitas harga swab take a look at hingga perlu ditentukan tarif pemeriksaan tertinggi. Selanjutnya Prof Kadir meminta semua dinas kesehatan mengawasi pelaksanaan aturan harga swab take a look at tertinggi di wilayahnya.

Comments are closed.