Mempertimbangkan Pekerjaan Pertama Setelah Lulus Kuliah

Written by Rumano on July 16, 2020 in Efektivitas Vaksin Covid with no comments.

“Selama perkuliahan juga menyenangkan, dosen dosennya cukup komunikatif dan materi perkuliahan selalu up to date,” kata aktivis Forum Jurnalis Perempuan Indonesia Sumut ini. Bekerja dapat memperlihatkan teori yang kamu pelajari di kuliah, tanpa mempelajari teori barangkali bakal lebih susah dalam bekerja namun tersebut bukanlah suatu kekurangan sebab pengalaman ialah guru terbaik. Segala hal, mulai dari teori sampai praktek dapat dilaksanakan ditempat ini dengan keadaan yang menyenangkan. Lulusan Institut Pertanian Bogor ini mengaku membangun jiwa kewirausahaanya saat masih duduk di bangku kuliah.

Acara-acara kuliah umum dari praktisi tersebut tidak terlepas dari peran Ikatan Alumni UTY dalam rangka mempersiapkan adik-adik kelasnya agar bisa sukses berkarir secara lebih cepat, ungkap Junaidi. Dalam program Kuliah Kerja teman-teman hanya akan berkesempatan mengenal kegiatan di industri dalam waktu relatif singkat, yaitu hanya dalam waktu dua hari saja. Sedangkan dalam kegiatan Kerja Praktek mahasiswa diharapkan dapat mengenal lebih jauh pekerjaan nyata di industri dengan terlibat langsung dalam aktivitas di industri selama kurang lebih satu setengah bulan. Selama mengikuti beberapa mata kuliah, teman-teman juga akan mendapat kesempatan melakukan kunjungan ke industri tertentu yang spesifik berkaitan dengan mata kuliah yang diajarkan. Sebagai contoh, ekskursi ke industri pengecoran logam untuk mata kuliah pengecoran logam dan kunjungan ke industri semen misalnya untuk mata kuliah pemanfaatan mineral industri.

Meniti karir dari kuliah

Pilih jurusan yang paling menjanjikan, agar kamu bisa mendapatkan penghasilan tinggi yang jadi impian. Tak hanya di pemerintahan, jurusan yang satu ini juga akan memberikan kamu kesempatan yang luas untuk berkarir sendiri atau bahkan melalui kantor-kantor pengacara besar di Indonesia. Lembaga yang menawarkan kursus public speaking ini juga sudah banyak, contohnya Tantowi Yahya Public Speaking School dengan biaya mulai dari Rp 3,5 juta untuk kelas reguler. Ada juga Merry Riana School of Public Speaking dengan biaya mulai dari Rp 1 juta. Atau kalau kamu ngefans dengan Becky Tumewu bisa daftar lembaga kursusnya di TALKinc, mulai dari Rp 2 jutaan.

Baik negeri atau kampus swasta pikirkan baik-baik sebelum menentukan pilihan. Kamu wajib mengetahui berapa kira-kira biaya yang dibutuhkan selama kurang lebih dua tahun menempuh studi disana. Berikut gambaran umum daftar rincian biaya untuk melanjutkan kuliah S2.

Mencari pekerjaan pertama setelah lulus kuliah bukanlah pilihan yang mudah bagi mahasiswa. Setiap sarjana yang baru lulus pasti berharap agar bidang studi yang telah tekuni menjadi pedoman bagi karir mereka selanjutnya. Tetapi, hanya 27% mahasiswa yang lulus bekerja sesuai dengan apa yang dipelajari saat yang berkuliah. Data ini menyimpulkan bahwa lebih banyak lulusan universitas yang terjun ke lapangan kerja di bidang yang tidak sesuai ekspektasinya saat kuliah. Pengalaman kerja, sudah tentu bekerja memberikan pengalaman berbeda yang bisa menjadi keunggulan tersendiri dibanding mereka yang masih duduk dibangku kuliah. Mendapatkan pengalaman kerja, artinya selangkah lebih maju dibandingkan mahasiswa lainnya.

Usia 20-an adalah masa-masa produktif untuk meniti karir dan mencari uang. Daripada galau memikirkan pernikahan sebaiknya fokuskan dirimu untuk meniti karir dan menabung biaya pernikahan. Ketika kamu sudah mapan secara karir & finansial, pernikahan bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Membuat rencana alokasi gaji bulanan dan tahunan yang matang serta menjalankannya secara disiplin akan membantu kamu membangun masa depan finansial yang cerah.

Hal ini dilakukan karena adanya kesadaran dari banyak pihak bahwa generasi muda adalah aset negara. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa sebaiknya Anda tidak perlu merasa takut atau ragu untuk memulai karier sejak dini walaupun belum lulus. Jose juga menambahkan bahwa Grit dapat ditumbuhkan dengan progress mindset dengan memupuk dan terus fokus berlatih hingga mencapai tujuan dalam dunia kerja yang akan dilakukan. Sementara itu, Jose menjelaskan bahwa Grit tidak bisa dilepaskan dari pola pikir atau mindset. Seseorang yang percaya dapat mengembangkan kemampuan, potensi, dan kepintarannya dalam dia kerja, mereka akan lebih tekun dan fokus hingga bisa disebut memiliki development mindset.

Berbekal pengalamannya sebagai Direktur Bank, Tri Hidayat memberikan penjelasan mengenai apa yang dibutuhkan seorang fresh graduate untuk memulai karir dalam bidang Perbankan. Menurutnya, hardskill dan softskill merupakan keutamaan yang harus dimiliki seorang lulusan untuk bersaing secara kompetitif dalam meniti karir. Penguasaan metode, tenik, alat bantu dan prosedur yang berlaku sangat dibutuhkan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Perluasan kompetensi juga dilakukan melalui program Gelar Ganda kerjasama antara Prodi Ilmu Keolahragaan dengan Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi yang difasilitasi oleh Universitas Negeri Semarang. Selain itu, lulusan juga dapat meniti karir dalam kedinasan TNI/Polri dan dinas lain yang terkait dengan kompetensi lulusan serta menjadi tenaga keolahragaan pada lembaga keolahragaan non pemerintah. Prodi Ilmu Keolahragaan FIK Unnes telah menghasilkan lulusan dengan kompetensi yang dapat diandalkan di dunia kerja.

Comments are closed.